Logika Fuzzy adalah suatu proses pengambilan keputusan berbasis aturan
yang bertujuan untuk memecahkan masalah, dimana sistem tersebut sulit untuk
dimodelkan atau terdapat ambiguitas dan ketidakjelasan yang berlimpah.
Logika Fuzzy ditentukan oleh persamaan logika bukan dari persamaan diferensial
komplek dan berasal dari pemikiran yang mengidentifikasi serta mengambil
keuntungan dari grayness antara dua ekstrem.
Sistem logika fuzzy terdiri dari himpunan fuzzy dan aturan fuzzy.
Subset fuzzy merupakan himpunan bagian yang berbeda dari variabel input dan
output. Aturan fuzzy berhubungan dengan variabel masukan dan variabel
output melalui subset. Mengingat seperangkat aturan fuzzy, sistem dapat
mengkompensasi dengan cepat dan efisien. Meskipun dunia Barat pada awalnya
tidak menerima logika fuzzy dan ide fuzzy, hari ini logika fuzzy diterapkan
dalam banyak sistem. Dalam riset ini, sistem pelacakan surya diimplementasikan
menggunakan logika fuzzy. Langkah-langkah bagaimana membuat serta gambaran
tentang bagaimana kerja sistem fuzzy dijelaskan dalam artikel ini.
Ada banyak manfaat untuk
menggunakan logika fuzzy. Logika fuzzt adalah konseptual mudah dipahami dan memiliki
pendekatan alami. Logika fuzzy fleksibel dan dapat dengan mudah ditambah dan
disesuaikan. Hal ini sangat toleran terhadap data yang tidak tepat dan terhadap
model yang nonlinier/ kompleksitas sedikit. Hal ini juga bisa dicampur dengan
teknik kontrol konvensional. Ada tiga komponen utama dari sistem fuzzy: set
fuzzy, aturan fuzzy, dan bilangan fuzzy.
Logika fuzzy dan berpikir
fuzzy terjadi di set fuzzy. Pertimbangkan contoh kendaraan. Kita semua
berbicara kendaraan yang sama, tapi kita berpikir kendaraan pada tingkat yang
berbeda. Ini adalah kata benda. Ini menggambarkan sesuatu. Ada sekelompok
perangkat yang kita sebut kendaraan. Perangkat ini mungkin termasuk truk,
pesawat, bus, mobil, sepeda, skuter, atau skateboard. Apa yang saya anggap kendaraan
yang akan bisa menjadi sesuatu yang sangat berbeda dari apa yang orang lain
anggap. Yang benar-benar kendaraan atau tidak? Beberapa tampak lebih dekat
dengan gagasan kita tentang sebuah kendaraan daripada yang lain. Aristoteles
akan mengatakan bahwa hanya ada satu kendaraan dan bukan kendaraan. logika
fuzzy mengatakan bahwa untuk gelar masing-masing perangkat ini adalah
kendaraan.
Beberapa merupakan kendaraan lebih dari yang lain
tetapi semua jatuh dalam grayness antara kendaraan dan bukan kendaraan.
Intinya adalah bahwa kendaraan kata singkatan untuk satu set fuzzy dan hal-hal
yang termasuk dalam mengatur beberapa derajat.
Lambang fuzzy sebenarnya
adalah simbol “yin-yang”. Simbol yin-yang, ditunjukkan pada Gambar 3 adalah
sama hitam dan putih. Hal ini dalam keadaan yang paling fuzzy.
Simbol yin-yang
Untuk lebih melihat bagaimana
isi set fuzzy yang lebih kecil dan sebagainya, pertimbangkan kendaraan
off-road. Sebuah kendaraan off road adalah seperangkat kecil kendaraan. Setiap
kendaraan off-road adalah kendaraan, tetapi tidak setiap kendaraan sebuah kendaraan
off-road. Pertanyaan yang diajuakan adala: kapan sebuah kendaraan adalah
off-road? Sekali lagi ini adalah masalah derajat.Fuzzy set ini dikombinasikan
dengan aturan-aturan fuzzy membangun sistem fuzzy. Fuzzy set dapat diciptakan
dari apa pun.
Komponen kedua dari sistem
fuzzy adalah aturan fuzzy. Aturan fuzzy didasarkan pada pengetahuan manusia.
Pertimbangkan bagaimana alasan manusia dengan contoh sederhana: jika Anda
membawa payung untuk bekerja? Pertama, Anda memiliki pengetahuan tentang
ramalan: sekitar 70% kemungkinan hujan. Kedua, Anda memiliki pengetahuan
tentang fungsi payung: untuk membuat Anda tetap kering ketika hujan. Dari
pengetahuan ini, Anda dapat membuat aturan yang membimbing Anda melalui suatu
keputusan. Jika hujan, Anda akan mendapatkan basah. Jika Anda mendapatkan
basah, Anda akan tidak nyaman di tempat kerja. Jika Anda menggunakan payung,
Anda akan tetap kering. Oleh karena itu, Anda memutuskan untuk membawa payung.
Aturan yang dipandu untuk keputusan Anda berhubungan satu hal atau peristiwa
atau proses ke hal atau peristiwa dalam bentuk :jika-maka”.
Pengetahuan tentang kesempatan
hujan menyebabkan aturan yang membuat Anda memutuskan cara yang Anda lakukan.
Ini adalah bagaimana aturan fuzzy diciptakan, melalui pengetahuan manusia.
Mendefinisikan aturan-aturan fuzzy atau fuzzy patch.
Fuzzy patch,
bersama dengan grayness,
merupakan ide kunci dalam logika fuzzy. “Patch ini akal sehat dasi ke geometri
sederhana dan membantu mendapatkan pengetahuan untuk dapat menuliskan program
ke dalam komputer,” kata Bart Kosko, penganjur terkenal di dunia danpopulizer logika fuzzy. Patch ditentukan oleh
bagaimana sistem fuzzy dibangun untuk dapat meliputi jalur output yang
didefinisikan oleh sistem. Gambar 4 menunjukkan bercak fuzzy yang meliputi
jalur output. Sebuah konsep yang dirancang oleh Kosko disebut Fuzzy Teorema
Aproksimasi (FAT) menyatakan bahwa jumlah terbatas patch dapat mencakup kurva .
Jika patch yang besar, aturan yang besar. Jika patch kecil, aturan yang tepat.
Mencoba untuk membuat aturan yang terlalu tepat membangun banyak kompleksitas
ke dalam suatu sistem fuzzy.
Patch Fuzzy Meliputi Line
Setiap bilangan fuzzy adalah
fungsi domain. Bilangan fuzzy memungkinkan perbandingan perkiraan.
Pertimbangkan objek bergerak dengan kecepatan yang kurang lebih sama dengan 50
mph. Hal ini akan “sekitar 50 mph.” Fuzzy hal yang berguna dalam
memungkinkan kita untuk mengabaikan kekakuan bahwa sebenarnya kecepatan
50,1 mph atau bahkan 51 mph. Dari perkiraan ini suatu perbandingan dapat dibuat
untuk objek lain akan “sekitar 50 mph.”
Ada beberapa cara untuk
mengasosiasikan nomor fuzzy ke deskripsi dalam kata-kata. Asosiasi ini terjadi
dalam bentuk-bentuk tertentu. Bentuk ini disebut sebagai fungsi keanggotaan.
Ada empat bentuk yang terutama digunakan. Hal ini termasuk segitiga, trapesium,
Gaussian, dan Singleton.
menunjukkan bentuk yang mungkin digunakan untuk definisi subset.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar