Sekarang sudah banyak
aplikasi yang berbasis 3D atau 3 dimensi dalam membuat sebuah karya seperti
rumah, manusia, mobil, masjid, atau yang lainnya yang dimensinya sudah 3, bukan
2 lagi.
Nah, kali ini Saya
membuat sebuah kamar yang di dalamnya terdapat komputer dan jam weker
menggunakan software Blender 3D. Kenapa Saya menggunakan software tersebut?
Sebelum Saya menjelaskannya, ada baiknya kita tahu perkembangan dari software
tersebut dari awal diciptakannya hingga berkembang sampai sekarang dengan versi
terbarunya yaitu 2.64.
Sejarah
Blender
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai
perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah
berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan
salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain
bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan
software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang
pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki
potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998
Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan
dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan
sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat
digunakan oleh masyarakat computer yang umum
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan
kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang
lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender
Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka
penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu
mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap
pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu
begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama
Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan
dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender
dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan
Blender tersu berlanjut hingga saat ini
1.
Open Game dengan judul "YoFrankie!" dirilis
pada September 2008
2.
September 2010, film pendek "Sintel" yang
ditayangkan pada Netherland Film Festival dengan 450 kursi habis terjual.
- Project Peach, dimulai pada April 2008 menghasilkan film berjudul "Big Buck Bunny"
Kelebihan
Blender 3D
-
Kelebihan umum: Opensource, gratis,
multi platform, lebih ringan.
-
Kelebihan spesifik:
1. Sculpting mudah tanpa 3rd party (kalo di Max kan pake Zrbush);
2. Bisa bikin game (ada engine game, pake python)
3. Bisa video editing
1. Sculpting mudah tanpa 3rd party (kalo di Max kan pake Zrbush);
2. Bisa bikin game (ada engine game, pake python)
3. Bisa video editing
Kekurangan
Blender 3D
-
UI yang tidak ramah
-
Tidak
ada plugin-plugin
-
Tidak ada biped (rangka tulang untuk
pergerakan)
Penjelasan Projek
Jadi, Saya membuat
sebuah kamar yang di dalamnya terdapat komputer (karena saya anak IT maka Saya
taruh komputer di dalamnya) kasur, dan jam weker. Kenapa Saya pasang jam weker?
Projek yang Saya buat
ini berasal dari sebuah ide dimana Saya menggambarkan kehidupan kosan,
khususnya untuk masalah tidur. Karena Saya anak kosan juga, saya mengetahui
gimana kehidupan di dalamnya.
Nah, Saya pasang jam
weker di dalam sebuah kamar karena Saya mengetahui dan mengakui bahwa bangun
tidur dalam kehidupan kosan itu sangat sulit sekali, yah paling pagi bangun jam
9 pagi. Oleh karena itu, untuk mengakalinya supaya bisa bangun lebih pagi atau
bangunnya bisa kita atur sendiri, maka kita setting sendiri bangunnya mao jam
berapa, so, Saya pasanglah jam wekernya
di dalam kamar tersebut.
Jadi, ketika ada mata
kuliah pagi, jam 07.30, maka kita setting sendiri malam harinya alarm jam 07.00
agar bangunnya bisa lebih pagi dan bisa mempersiapkan peralatan kuliahnya agar
tidak terlambat.
Tapi, dalam projek ini
Saya mampunya hanya membuat meja dan komputernya saja karena yang baru Saya
pelajari baru sampai sini saja dan Saya akan belajar dan belajar lagi tentang
blender ini karena sangat menyenangkan bisa menguasai software 3D yang satu
ini.
Setidaknya itulah
gambaran dan penjelasan dari projek yang Saya buat untuk tugas softskill ini.
Gambar
Projek
sumber: http://www.blender.org/
http://en.wikipedia.org/wiki/Blender_(software)
http://www.blenderindonesia.org/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar